Al-Ghazali dan Lalat

Jika memang pahala adalah kunci segalanya untuk membuka pintu surga,
Lalu bagaimana dengan kisah kehidupan panjang sebagai seorang (maaf) pelacur bisa masuk surga hanya karena sepotong roti yang dia berikan pada anjing kelaparan?!
Bagaimana pula hujjatul Islam seperti Imam Ghazali masuk surga bukan karena kitab-kitab beliau tapi hanya karena seekor lalat?!

Ada amalan yang kelihatanya sepele tetapi di mata Allah nilainya tinggi sekali, sehingga bisa menyebabkan seseorang masuk surga. Ada juga amalan yang tampak kelihatannya sepele tetapi bisa yang menyebabkan orang masuk neraka. Ini diceritakan di kitab-kitab ‘kecil’ yang sering dikaji dan dibaca di pesantren-pesantren.

Diceritakan bahwa ketika Hujjat al-Islam Syekh Muhammad Ibn Muhammad Ibn Muhammad al-Gazali (Imam Ghazali) meninggal, ada seorang ulama bermimpi berjumpa beliau. Namanya mimipinya ulama tentu berbeda dengan mimpi kita-kita ini, Mimpi kita-kita ini kebanyakannya adalah bunga-bunga tidur saja, sementara mimpinya seorang ulama adalah mimpi yang benar adanya (al-ru’yah al-shadîqah).

Dalam mimpi ulama tersebut, ia bertanya kepada Imam al-Ghazali, “Apakah sang Imam masuk surga atau neraka? “Surga” jawab al-Ghazali. Kemudian, ulama itu bertanya lagi, “Apakah yang menyebabkan Anda masuk surga? Apakah karena banyaknya karya yang Anda tulis? Apakah karena Anda rajin tahajud dan ibadah lainnya? Apakah karena pembelaan Anda terhadap Islam dan kejayaan kaum muslimin?” al-Ghazali dengan tenang menjawab, “Tidak, bukan karena itu semua saya masuk surga” “Lalu apa yang menyebabkan Anda masuk surga?” tanya sang ulama dengan penuh penasaran. Al-Gazali pun menjelaskan, bahwa dirinya dimasukkan oleh surga oleh Allah swt, karena pada masa hidupnya, ketika al-Ghazali menulis kitab, ada lalat kehausan meminum tintanya, tanpa sepengetahuan al-Gahzali. Karena kebaikan membiarkan lalat kehausan meminum tintanya, meski dia tidak tahu, maka Allah memasukkannya ke surga. Ini karena tinta yang diminum lalat haus itu, diberikan oleh al-Gazali secara tidak sengaja dengan tulus ikhlas kepada si lalat. Jadi amalannya kelihatan sepele bila dilakukan dengan tulus ikhlas maka sangat berarti di mata Allah. Dan dapat menyebabkan seseorang masuk surga.

Ada pula cerita tentang amalan yang kelihatannya sepele tetapi bisa menyebabkan seseorang masuk ke neraka. Dahulu konon ada seorang yang rajin sholat, berpuasa dan ibadah-ibadah yang lainnya. Orang ini ikut memasak di dapur. Tanpa sengaja dan tanpa sepengetahuannya, ada seekor kucing terkunci di ruang dapur, tidak bisa terbuka, sampai kucing itu meninggal. Akibat kecerobohan sepele ini, orang tersebut tertolak masuk surga. Wallahu a’lam bi al-shawab

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Religi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s