Uang Pensiun CEO Google Hampir 1 Trilyun

Kepala Eksekutif Korporat (CEO) Google Inc., Eric Schmidt, akan meninggalkan posisinya dengan senyum yang sangat lebar. Pasalnya, eksekutif yang sukses yang mengantar Google sebagai perusahaan jasa informasi internet terbesar di dunia itu, akan mendapat uang “terima kasih” sebesar USD 100 juta, atau sekitar Rp 905,7 miliar.

Menurut jurubicara Google, Poormina Gupta – seperti dikutip harian The Wall Street Journal – penghargaan kepada Schmidt itu disebut sebagai equity award. Itu berupa bonus, penghasilan dari penjualan saham dan kepemilikan saham (stock option)m yang berhak Schmidt.

Schmidt akan pensiun sebagai CEO Google mulai 4 April mendatang. Namun dia, akan tetap terlibat di Google sebagai Ketua Eksekutif walau tidak lagi bertanggung jawab atas operasional harian perusahaan itu.

Menurut kantor berita Associated Press, Schmidt diganti oleh Larry Page, yang tak lain adalah salah seorang pendiri dan pemilik Google. Ini kali kedua bagi Page berposisi sebagai CEO. Jabatan itu pernah dia lakoni selama tiga tahun sebelum dia mundur pada 2001. Alasannya, para investor menginginkan agar Google dikelola oleh seorang profesional yang sudah matang.

Page, yang kini berusia 37 tahun, saat itu dianggap terlalu muda untuk mengelola perusahaan sebesar Google – yang secara pesat tampil menjadi jasa penyedia informasi di internet terbesar dunia.

Maka, Page dan sesama pendiri Google lainnya, Sergey Brin, sepakat untuk merekrut Schmidt. Dia adalah seorang profesional yang telah berpengalaman di bidang teknologi informasi setelah sukses menjadi eksekutif di Sun Microsystems Inc. dan Novell Inc. “Saya yakin Larry sudah siap [jadi CEO],” kata Schmidt. “Kini saatnya bagi dia untuk tampil lagi mengelola perusahaannya,” lanjut Schmidt. Maka, dengan pensiunnya Schmidt menjadi CEO, Page antusias untuk membuktikan kepiawaiannya untuk menjalankan perusahaan.

Selama sepuluh tahun mengelola Google, Schmidt berperan membantu Page dan Brin mendongkrak nilai perusahaan, yang kini sebesar USD 335 miliar. Apalagi, mereka bertiga adalah pemegang saham mayoritas Google sehingga masuk dalam jajaran orang-orang terkaya dunia.

Schmidt sendiri memiliki 9,2 juta lembar saham Google, yang nilainya ditaksir sebesar hampir USD 5,8 miliar. Maka, Schmidt memiliki sekitar 9,6 persen pengaruh pada mekanisme pemungutan suara di antara para investor Google.

vivanews.com

Galeri | Pos ini dipublikasikan di File Bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s