5 Jurus Kencan di Dunia Maya

Jika tak mampu berbicara dengan leluasa, sebaiknya berkomunikasilah lewat potensi yang Anda miliki. Buatlah profil yang membuat Anda terlihat menarik. Langkah pertama, Anda dapat memulainya dengan meng-upload foto yang menarik.  Meskipun realitanya Anda lebih langsing 3 tahun yang lalu, Anda harus tetap  memposting gambar terbaru Anda (minimal enam bulan atau satu tahun yang lalu). Gillian Entin, seorang juru bicara Spark Networks, penyedia situs JDate Blacksingles.com mengatakan, “Foto yang di upload sifatnya harus jelas, misalnya memampang pose close up Anda dengan tampilan senyum terindah sehingga mengesankan keramahan pribadi Anda. Di luar itu, buatlah nama user id yang menarik untuk memudahkan Anda mendapat banyak calon teman kencan. Pilih sesuatu yang memang menonjolkan diri Anda,“ saran Entin.

Hal kedua adalah, saat membuat profil pastikan Anda menuliskannya dengan sedetail mungkin. “Daripada lelah mengumbar penjelasan yang tak berarti lebih baik membiarkan  profil tersebut yang mengungkap kepribadian Anda. Jangan lupa untuk mencantumkan hal-hal yang menjadi favorit Anda, misalnya musik favorit, makanan favorit dan sebagainya. Dari info tersebut, calon teman kencan Anda setidaknya memiliki informasi singkat mengenai siapa diri Anda  sebenarnya. Selain deretan informasi yang menjadi favorit Anda, jangan lupa memerhatikan tulisan dan tata bahasa dalam profil yang ditulis.

“Menuliskan profil dengan ceroboh hanya akan memperburuk citra karena Anda dinilai tidak peduli dengan hal-hal simpel seperti tanggal atau nama sekalipun. Jangan lupa kirim pula e-mail ke beberapa teman dekat Anda dan mintalah mereka menuliskan tiga hal tentang kepribadian Anda. Dari sana Anda akan mendapatkan gambaran seperti apakah  sosok Anda sesungguhnya. Misalnya saja, Anda jadi mengetahui kalau Anda adalah sosok yang murah hati, padahal Anda sendiri tak pernah memikirkan hal tersebut.

Buat konektifitas obrolan

Jadilah pengguna yang selalu berpartisipasi aktif dalam situs yang Anda ikuti. Caranya, carilah sahabat potensial dan kirimlah pesan personal padanya dengan menyebutkan hal spesifik tentang profil mereka. Anda harus membuat pesan tersebut semenarik mungkin sehingga dapat memikat orang yang menerimanya. Anda bisa menjadikan hobi atau latar pendidikan sebagai spesifikasi obrolan dalam pesan singkat tersebut.

Entin mengatakan, “Tetaplah berpikiran terbuka. Ada orang yang benar-benar hebat dengan profil yang tidak terlalu menonjol. Carilah kesempatan untuk berkomunikasi dengan mereka. Tentu Anda tidak ingin kehilangan kesempatan dengan mereka bukan? Karena itu libatkanlah diri Anda secara penuh dalam situs tersebut. Sisihkan sejumput waktu setiap harinya untuk menjawab imel dan memperbaharui profil Anda. Jika dilakukan secara rutin, Anda pasti akan merasakan manfaatnya.”

Saatnya bertemu


Setelah menjalin kedekatan selama beberapa waktu dengan obrolan singkat tentang berbagai hal lewat email, kini saatnya merencanakan sebuah pertemuan dengannya.

“Biasakan untuk melakukan kopi darat atau pertemuan perdana di tempat umum dan jangan  sekali-kali mengundang dia untuk ke tempat Anda,” ujar Catherine Kardinal, penulis dan juga pakar relationship ini memeringatkan. Hal ini penting agar Anda terhindar dari ancaman perilaku negatif seperti tindakan kriminal yang tidak diinginkan.

Hal kedua yang perlu diperhatikan saat melakukan kopi darat adalah jangan memoles make up berlebihan dan mengenakan baju yang terlalu mini.

Kardinal mengatakan, “Kesan pertama sangatlah penting. Karena itu ciptakan kesan pertama yang membuat lawan jenis Anda terkesan. Tentu sangat tidak mungkin mengenakan gaun cocktail hanya untuk pertemuan santai seperti “ngopi” bareng. Begitupun balutan jins ketat untuk sebuah makan malam romantis di restoran. Karenanya, Anda harus bisa menyesuaikan diri dalam hal ini. Kenakan baju yang  memang menciptakan kesan elegan sekaligus nyaman dilihat.

Selesai dengan urusan penampilan, jangan lupa menciptakan kesan berikutnya dengan menghadirkan obrolan yang menyenangkan. Buatlah obrolan sesantai mungkin dan tidak terkesan seperti wawancara kerja yang formal. Anda dapat menggulirkan topik santai seperti ulasan hobi, pekerjaan dan tempat makan favorit. Perlu diingat, jadilah diri sendiri jangan biarkan teman kencan Anda tahu dengan isyarat tubuh Anda yang terkesan tak nyaman karena nervous. “Jika ingin melihat apakah pertemuan pertama tersebut berjalan lancar atau tidak, lihatkah tepat ke matanya pada akhir persuaan. Kalau dengan mimik manis dia berkata, ‘Terima kasih untuk waktu yang indah’, ini pertanda kalau dia ingin melakukan kencan berikutnya. Tapi jika mimik yang tergambar justru  sebaliknya, misalnya dia terlihat tidak nyaman dan berkeringat terus menerus serta banyak bergerak, kemungkinan dia tidak nyaman dengan kencan tersebut.

Hati-hati

Bagaimanapun dekat dan nyamannya Anda menjalin kedekatan dengan teman kencan online Anda, sebaiknya jangan pernah lupa bahwa siapa pun orang yang Anda temui itu tetaplah orang asing. Gunakanlah selalu naluri dan intuisi Anda. Inilah mengapa memilih lokasi keramaian sebagai tempat aman untuk bertemu sangatlah penting. Pasalnya, jika Anda menemukan kejanggalan dari sikapnya atau mungkin Anda mengendus niat jahat yang hendak dilakukan, Anda dapat meminta pertolongan pada orang sekitar. Terakhir, pastikan keluarga atau orang terdekat Anda mengetahui kalau Anda memutuskan bertemu dengan seseorang di sebuah tempat.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tips dan Motivasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s