Arsenal VS Barca

Arsenal membuka peluang untuk maju ke putaran perempat final kompetisi Liga Champions, setelah Rabu bangkit kembali dari kecolongan untuk mengalahkan tim favorit Barcelona 2-1.

Dua gol yang 12 menit akhir dari Robin van Persie dan pemain pengganti Andrey Arshavin secara dramatis memenangkan tim Liga Utama Inggris itu, setelah sebelumnya Barcelona sempat unggul melalui gebrakan David Villa.

Dengan kemenangan itu, berarti Arsenal — kalah agregat 3-6 lawan Barcelona pada perempat final tahun — memiliki peluang untuk lolos pada laga leg kedua 8 Maret di Camp Nou.

“Ini merupakan malam khusus, karena saya merasa kami memiliki tim khusus yang memenangi pertandingan penting ini,” kata bos Arsenal, Asene Wenger.

“Kini pertandingan terbuka. Kami akan pergi (ke Camp Nou) dan bermain lagi. Kami harus mempertahankan permainan kami dan rasa percaya diri akan semakin besar,” katanya.

Bos Barcelona Pep Guardiola mengatakan, timnya kalah cepat dengan kegesitan Arsenal dalam melakukan serangan balik.

“Ini merupakan pertandiangan fantastik. Amat banyak peluang untuk kedua tim,” kata Guardiola, “Kami lebih banyak memiliki peluang dibanding dengan laga tahun lalu.”

“Tapi amat memprihatinkan, tidak dapat diselesaikan dengan baik. Mereka merupakan tim yang amat amat baik. Ketika melakukan serangan balik, mereka amat berbahaya. Tapi masih ada laga leg kedua,” katanya.

Arsenal mengawali permainan dengan brilian dan mencoba penjaga gawang Barcelona, Victor Valdes, ketika laga baru berlangsung lima menit, ketika Theo Walcott mendapat kesempatan membagi bola dengan Cesc Fabregas di pojok lapangan.

Maestro bola dari Spanyol itu mengoper bola kepada van Persie, yang dengan cepat melakukan tembakan mendatar dari jarak dekat, tetapi Valdes dengan mengagumkan menyambarnya.

Ancaman yang dilakukan Lionel Messi terjadi dan pemain bintang dari Argentina itu mendapat perlawanan keras dari Alex Song tujuh menit kemudian, tetapi karena bermain keras pemain Kamerun itu terkena kartu hukuman.

Arsenal pun mendapat tekanan kuat pada menit ke-15 ketika Messi mendapat bola dan meneruskannya ke arah gawang, setelah mendapat umpan dari Villa.

Arsenal meneruskan gerakan berbahaya mereka tetapi Andres Iniesta gagal membuat penetrasi ketika mendapat umpan panjang dari rekannya.

Setelah beberapa peringatan yang kurang menyenangkan bagi Arsenal, akhirnya gol pembuka lahir menit ke-26.

Umpan lambung dari Messi kepada Villa dimanfaatkan pemain bitang Piala Dunia Spanyol itu dengan jitu, tendangan datarnya menyusur melewati Szczesny.

Pemain Arsenal menyatakan pemain itu “offside” tetapi wasit dari Italia Nicola Rizzoli tetap berteahan dengan keputusannya.

Momen mendebarkan

Ketika Barcelona mendominasi permainan, Arsenal pun mendapat momen mendebarkan pada menit ke-29 ketika melakukan serangan balik, tetapi gebrakan Walcott tidak meluluhkan pemain bertahan lawan.

Pemain internasional Inggris itu berada pada posisi terbuka dan tendangannya melayang dengan keras, tetapi melenceng dari mulut gawang lawan.

Arsenal kembali menarik nafas lega pada menit ke-38 ketika Messi menyarangkan bola ke dalam gawang lawan, tetapi wasit menyatakan ia berada pada posisi “offside”.

Pada babak kedua, kedua tim bermain cepat terutama bila terjadi peluang untuk menciptakan gol, tetapi Arsenal lebih beruntung ketika Laurent Koscielny berhasil keluar dari kawalan Pedro Rodriguez tetapi usahanya gagal.

Arsenal meneruskan kiprah mereka pada pembuka babak kedua itu, menekan dengan keras sampai akhirnya Gerard Pique terkena kartu hukuman karena menjatuhkan Samir Nasri.

Arsenal akhirnya membuahkan gol mereka pada menit ke-78 lewat gebrakan van Persie dan Arshavin.

 

Yahoo.com

Pos ini dipublikasikan di Lain-Lain. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s