Alasan Penyebab Menganggur/Menjadi Pengangguran & Ditolak Perusahaan

Setiap orang yang memasuki usia produktif normalnya memiliki pekerjaan yang mampu dan cukup untuk menghidupi diri dan keluarga. Jika tidak kerja maka seseorang bisa dibilang sebagai pengangguran. Bekerja dilakukan untuk mendapatkan gaji atau bayaran atas hasil pekerjaan demi bertahan hidup dan hidup yang mandiri.

Ada beberapa sebab mengapa seseorang bisa tidak bekerja alias nganggur tanpa pekerjaan yang menghasilkan cukup uang :

1. Melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan diri. Tanpa pengalaman yang cukup maka seseorang akan sulit untuk mendapat pekerjaan yang dilamar. Terkadang memiliki ijasah dengan nilai bagus pun tidak membantu jika berasal dari sekolah/kampus yang tidak ternama.

2. Terlalu menuntut gaji yang besar ketika melamar kerja sehingga bisa memberatkan perusahaan. Mintalah gaji yang standar sesuai dengan kebutuhan hidup jika masih pemula / fresh graduate, kecuali memiliki keahlian yang langka/jarang dipunyai orang lain atau pengalaman jam terbang yang tinggi.

3. Melamar pada perusahaan yang tidak membuka lowongan kerja sehingga lamaran yang masuk akan ditampung atau langsung dibuang ke tempat sampah. Jangan mendatangi pintu perusahaan satu persatu untuk menawarkan diri sebagai pegawai. Setiap perusahaan memiliki cara masing-masing dalam mencari sdm yang diinginkan.

4. Melamar kerja dengan format lamaran dan lampiran yang tidak tepat akan mempersulit pelamar untuk maju ke babak tahapan selanjutnya. Gunakan surat lamaran dan cv (Curriculum Vittaae) yang mengikuti trend jaman, modern, ketik komputer, desain yang rapi, dan lain-lain.

5. Tidak mau kerja di perusahaan yang tidak terkenal dan perusahaan yang memberikan gaji tunjangan kecil (gengsi tinggi). Sebaiknya dicoba saja dulu tawaran pekerjaan yang ada daripada nanti menyesal. Terkadang perusahaan menugaskan karyawan baru bekerja di suatu daerah namun ditolak dengan berbagai alasan. Jika anda komit sebaiknya jalani saja peluang yang ada karena bisa jadi hanya sarana untuk mengetes kesiapan, keandalan atau kemampuan anda.

6. Pencari kerja malas untuk melamar kerja dan lebih suka santai-santai di rumah menikmati hidup. Mungkin orang semacam ini punya sumber pemasukan dari berbagai sumber pasif. Orang yang memiliki penyakit atau cacat tubuh biasanya minder dan merasa rendah diri dari orang normal. Padahal belum tentu begitu jika kita punya suatu kemampuan atau bakat yang jarang dipunyai orang lain.

7. Kondisi ekonomi yang sedang jatuh dapat membuat permintaan akan tenaga kerja tidak sebanding dengan penawaran tenaga kerja sehingga menyebabkan banyak phk dan lowongan kerja baru yang langka. Usaha kecil dan menengah (ukm) sangat penting untuk dikembangkan dengan semangat wirausaha yang tinggi. Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah dan masyarakat untuk menumbuhkembangkan ukm-ukm yang ada secara profesional.

Galeri | Pos ini dipublikasikan di File Bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s